Kamis, 30 Januari 2014

NOVEL “KHOKKIRI” KARYA LIA INDRA ADRIANA



NOVEL “KHOKKIRI” KARYA LIA INDRA ADRIANA

            Kepribadian adalah sejumlah karakteristik individu yang menetap dan kemudian ditampilkan lewat prilaku.kerana itu pula, hubungan antara sastra dan kepribadian sangatlah erat. Sastra dan kepribaduan sangatlah erat. Sastra dan kepribadian merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan . Menurut  Sujanto (2008: 11) kata kepribadian berasal dari kata personality (Inggris) yang berasal dari persona  (Latin). Persona berarti kedok atau topeng sebagai tutp mka sering dipakai oleh pemain-pemain dengan maksud untuk menggambarkan perilaku, watak atau pribadi seseorang.
            Selanjutnya dalam perspeksif islam lebih dikenal dengan istilah syakhshiyah. Syakhsiyah berasal dari kata syakhusum yang berarti pribadi. Kata ini kemudian diberi ya’ nisbath sehingga menjadi kata benda buatan syakshiyah yang artinya kepribadian ( syamsu dan juntika, 2008: 212)
Menurut fudyartanta (2005: 12) kepribadian merupakan dinamika organisasi psikofisik fungsional manusia yang menjelma dalam pola tinggkah laku spesifik dalam menghadapi medan hidupnya. Selanjutnya menurut Allport ( dalam Alwison, 2009:220) mengakatan kepribadian sebagai suatu organisasi dinamika dalam sistem psikofisik individu yang menentukan penyesuaian yang dengan lingkungan. Sedangkan menurut B,F skiner (dalam scustack, 2002:250) berpendapat bahwa kepribadian adalah repetoar perilaku yang dipelajari dari sekumpulan kemungkinan kejadian yang ada dan terorganisasi dilingkungan

Sujanto, Agus, dkk. 2008. Psikologi kepribadian. jakarta: Bumi Aksara.
Syamsu, Yusuf dan Juntika, Ahmad, Nurihsan. 2008. Teori Kepribadian. bandung: Rosdakarya
Fudyartanta. 2005. Psikologi Kepribadian. yogyakarta: Zenith Publisher
Alwison. 2009. Edisi Revisi Psikologi Kepribadian. Malang : C.V. Ummpress
Scustack, Friedman. 2002. Kepribadian Teori Klasik dan Teori Modern. Jakarta:  Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar