Jumat, 05 Oktober 2012

ILMU BUDAYA DASAR
GAMA EVAYANTI
KELAS: 1PA08
  NPM: 13512089
PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan .
Istilah budaya dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanities yang berasal dari istilah bahasa inggris “the humanities”. Adanya humanities itu sendiri berasal dari dan bahasa latin humanus yang bisa diartikan manusia., budaya dan halus. Demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya agar manusia bisa menjadi humanus mereka hams  mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri
PERUMUSAN MASALAH
•    Apa pengertian ilmu dari budaya dasar ?
•    Apa terkaitannya humanities dengan ilmu budaya dasar?
•    Apa adanya latar belakang ilmu budaya dasar ?
•    Apa adanya ruang lingkup ilmu budaya dasar?
LATAR BELAKANG & JUSTIFIKASI
Diberikannya IBD (ilmu budaya dasar ) selain melihat konteks budaya Indonesia, juga sesuai dengan program pendidikan diperguruan tinggi dalam rangka penyempurnakan pembentukan sarjana, perguruan tinggi dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat pengetahuan yang terdapat diatas:
•    Kemampuan Akademis
•    Kemampuan Profesional
•    Kemampuan Personal
Ruang lingkup ilmu budaya dasar bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah dikemukakan diatas, ada dua masalah yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar. Kedua masalah tersebut ialah:
•    Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya
•    Hakikat manusia yang satu atau universal

KESIMPULAN
    Kesimpulan dalam makalah ini adalah ilmu budaya dasar di Indonesia adalah sebagai pengganti istilah basic humanities yang berasal dari istilah bahasa inggris “the humanities”. Adanya humanities itu sendiri berasal dari dan bahasa latin humanus yang bisa diartikanmanusia., budaya dan halus.
SARAN
Ilmu budaya dasar merupakan suatu pemberitahuan dasar untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan Indonesia yang memiliki nilai-nilai dan tanggung jawab yang lain, untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam mengatasi masalah.

DAFTAR PUSTAKA
    http://dimazmarhan.blogspot.com.2010/04/pengertian-ilmu-budaya-dasar.html
    http://sm4rtsblog.blogspot.com.2012/03/latar-belakang-ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar